Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Dan Khasiat Biji Kurma Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Dan Khasiat Biji Kurma sebelumnya belum pernah di ketahui karena sebagian orang lebih memilih membuangnya. Kurma sendiri merupakan jenis tumbuhan palma (arecaceae) yang buahnya bisa di makan, kurma juga termasuk dalam golongan tumbuhan dioecious yaitu pohon jantan dan betina yang hidup secara terpisah.

Buah kurma memiliki bentuk fisik lonjong silender dengan tekstur buah yang lembut. Kurma yang matang juga di bagi menjadi beberapa golongan yaitu kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang lembut) tamr (matang dikeringkan). Di negara - negara islam buah kurma merupakan makanan pokok tradisional dan selalu jadi menu untama di saat berbuka puasa di bulan ramadan.


Manfaat Dan Khasiat Biji Kurma Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Mengenai nutrisi, buah kurma sudah tidak perlu di ragukan lagi, di dalam kurma kering banyak terkandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti energi, lemak, karbohidrat, protein, air, vitamin c, gula dan juga serat pangan. Selain itu dagingnya yang lembut juga mengandung dekstrosa dan fruktosa yang mudah di cerna oleh tubuh dan mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Tak heran jika buah yang satu ini banyak di buru untuk di jadikan menu berbuka.
sifat kurma yang tahan lama atau tidak mudah basi sangat cocok jika buah ini di jadikan bekal untuk bepergian atau malah menjadi buah tangan atau oleh - oleh.

 Manfaat Dan Khasiat Biji Kurma Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Meninggalkan buah kurma yang legit dan kaya akan manfaat, kali ini kita akan membahas tentang cara untuk mengenali manfaat biji kurma bagi kesehatan dan kecantikan beserta cara mengolahnya.


Manfaat Biji Kurma
  1. Mengembalikan stamina tubuh dengan cepat.
  2. Melancarkan peredaran darah.
  3. Mengobati hipertensi atau darah tinggi.
  4. Mencegah resiko penyakit stroke dan kolesterol.
  5. Mencegah timbulnya kanker.
  6. Mengobati keputihan.
  7. Meredakan gejala sakit kepala seperti migrain.
  8. Mengurangi resiko saraf tegang.
  9. Mengobati sakit perut.
  10. Mengobati diabetes.
  11. Menjaga stamina tubuh pada saat beraktivitas.
  12. Menghilangkan rasa letih.
  13. Menghangatkan badan.
  14.  Menjadi sumber energi yang cepat di serab tubuh.

Cara Mengolah Biji Kurma
  • Pertama cuci bersih buah kurma.
  • Jemur biji kurma hingga kering di bawah sinar matahari.
  • Setelah kering sangrai (goreng tanpa minyak) biji kurma sampai berubah warna menjadi coklat kehitaman.
  • Jika proses sangrai sudah selesai dilanjutkan pada penumbukan biji kurma untuk menghaluskannya menjadi serbuk biji kurma.
  • Nah, serbuk inilah yang akan kita konsumsi dengan cara di seduh dengan air panas seperti membuat kopi.
Manfaat Bubuk Biji Kurma Untuk Kecantikan
  • Sebagai scrub alami yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati khususnya wajah agar kulit menjadi lebih cerah dan segar terjaga. Caranya dengan mencampur bubuk dari biji kurma dengan bahan alami lainnya seperti susu atau madu sesuaikan dengan keinginan anda, aduk rata lalu oleskan pada wajah sebagai scrub.
  • Sebagai masker rambut yang dapat menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan. Caranya campurkan bubuk biji kurma dengan minyak zaitun secukupnya, aduk rata lalu aplikasikan sebagai masker pada rambut, diamkan beberapa menit bisa 10-15 menit atau sesuaikan dengan keinginan anda lalu bersihkan. Lakukan cara ini secara rutin seminggu 2-3 kali sampai masalah pada rambut anda teratasi.

Itulah kumpulan manfaat dari biji buah kurma yang biasanya di buang namun bisa di manfaatkan, dan semoga dengan adanya informasi ini akan membuat kita lebih meninggkatkan kesadaran kita dalam memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar untuk mengatasi segala macam keluhan mengenai kesehatan dan juga kecantikan yang kita alami.

Sudah dulu untuk ulasan kita kali ini yang membahas tentang Manfaat Dan Khasiat Biji Kurma Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri di rumah..!
Tag : herbal
Back To Top