Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Biji Buah Pepaya Bagi Kesehatan (Ampuh)

Manfaat Biji Buah Pepaya - Tidak disangka jika biji dari buah pepaya dapat di manfaatkan menjadi alternatif yang bermanfaat untuk kesehatan. Biji buah pepaya yang biasanya di buang oleh sebagian orang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Ingin mengenal lebih lanjut lagi tentang biji dan buah pepaya, berikut penjelasannya.

Buah pepaya atau dengan nama latin (Carica papaya L.) berasal dari daratan Mexico bagian selatan dan juga Amerika Selatan bagian utara, namun saat ini pohon buah pepaya sudah banyak menyebar luas di negara tropis seperti Indonesia.
Pohon pepaya pada umumnya tumbuh lurus keatas tanpa cabang, jenisnya pun lumayan banyak seperti pepaya bangkok, pepaya calina, pepaya solo dan juga masih banyak lainnya.

Manfaat Biji Buah Pepaya Bagi Kesehatan


Buah pepaya banyak di manfaatkan masyarakat untuk di konsumsi, yaitu dengan cara di ambil daging saja dan membuang bijinya, sangat di sayangkan jika biji dari buah pepaya yang kaya akan manfaat harus di buang percuma.

Mungkin sebagian masyarakat membuang biji buah pepaya dengan alasan tidak memiliki manfaat dan tidak tau bagaimana cara mengolahnya. Berikut informasi mengenai manfaat dan cara mengolah biji buah pepaya.

Manfaat Biji Buah Pepaya Bagi Kesehatan (Ampuh)

Hal yang akan kita bahas pertama kali adalah mengenai manfaat dari buah pepaya, berikut ulasannya:

1.Mencegah kolesterol

Biji pepaya memiliki manfaat dalam mengurangi serta mencegah resiko kolesterol, hal ini karena sifat dari biji buah pepaya yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga LDL dalam tubuh.

2.Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji buah pepaya juga bermanfaat dalam mencegah radikal bebas sehingga tubuh kita selalu dalam keadaan baik dan terlindungi.

3.Meningkatkan kadar HDL

Biji buah pepaya juga sangat berguna untuk meningkatkan kadar HDL(Lipoprotein densitas tinggi). Untuk mendapatkan manfaatnya kita bisa dengan meminum seduhan dari bubuk biji pepaya menggunakan air hangat.

4.Untuk terapi hiperlipidermia

Kandungan lemak nabati yang tinggi pada biji buah pepaya memiliki efek hipolipidemia yang bisa untuk terapi hiperlipidemia.

Untuk cara mengolahnya, terbilang sangat mudah dan praktis karena tidak perlu waktu yang lama. Berikut tata cara mengolah biji dari buah pepaya:

1.Mengolahnya menjadi jus

Langkah dalam membuat jus dari biji buah pepaya sangatlah mudah dan praktis, caranya cukup dengan menghaluskan biji pepaya dengan cara di blender setelah itu biasa langsung di tuang ke gelas dalam bentuk jus.

2.Di seduh dengan air hangat

Haluskan biji buah pepaya yang sudah kering menggunakan blender, butiran yang sudah halus bisa langsung di manfaatkan dengan cara di seduh menggunakan air panas layaknya teh atau kopi.


Itulah informasi seputar manfaat dari biji buah pepaya beserta cara mengolahnya. Dan juga semoga bermanfaat serta selalu menambah wawasan kita terhadap pemanfaatan bahan sekitar yang pada dasarnya penuh manfaat namun tidak pernah di manfaatkan dengan alasannya minimnya pengetahuan kita tentang bahan tersebut.

Sekian ulasan kali ini yaitu tentang  Manfaat Biji Buah Pepaya Bagi Kesehatan (Ampuh). Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top