Informasi Menarik Sehat & Cantik

Khasiat Dan Cara Mengolah Biji Salak Menjadi Obat Herbal Alami

Khasiat Biji Salak - Memanfaatkan biji salak mungkin masih terbilang baru dan jarang di dengar oleh banyak orang, hal itu karena terbatasnya informasi mengenai apa saja manfaat biji salak yang biasanya kita buang dengan percuma.

Di Indonesia keberadaan buah salak sangat banyak sehinggga begitu mudah untuk di jumpai, buahnya sendiri sudah banyak di jual di pasar - pasar tradisional bahkan supermarket yang hampir di seluruh Indonesia ada.


Khasiat Dan Cara Mengolah Biji Salak Menjadi Obat Herbal Alami

Untuk konsumsinya sendiri, orang - orang masih banyak yang hanya mengkonsumsi dengan cara memakan daging buahnya saja tanpa mengetahui banyaknnya manfaat yang dapat kita peroleh dari biji salak. Apa iya biji salak bisa di konsumsi? Tentu, namun dengan cara di olah terlebih dahulu karena bentuk biji salak yang keras tidak memungkinkan untuk kita mengkonsumsinya langsung.
Bagaimana cara mengolahnya, salah satu caranya adalah mengolah biji salak menjadi bubuk kopi. Berikut tata caranya:

Cara Mengolah Biji Salak Menjadi Bubuk Kopi:
  1. Cuci biji salak kemudian potong menjadi ukuran yang lebih kecil.
  2. Setelah semuanya di potong, lalu jemur biji salak hingga benar - benar kering.
  3. Setelah kering sangrai biji salak sampai matang dan warnanya berubah lebih gelap.
  4. Biji salak yang telah di sangrai dapat langsung di tumbuk sampai halus menyerupai bubuk kopi.
  5. Sedangkan cara untuk mengkonsumsinya anda bisah menyeduh biji salak dengan takaran yang bisa anda sesuaikan sendiri dengan air panas.
  6. Kopi biji salak pun siap di sajikan dan akan lebih nikmat jika segera di minum selagi hangat.

Meskipun hanya sekedar biji, namun biji yang satu ini memiliki banya kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh kita seperti zat tannin, saponin, dan juga kalsium. Berikut manfaat serta khasiat yang bisa anda nikmati dari biji salak.

Manfaat Biji Salak

1.Mengatasi gejala diare

Diare merupakan suatu gejala yang terjadi pada saluran pencernaa kita khususnya di saluran pembuangan atau sistem ekskresi. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu bagi anda yang mengalaminya, dan mungkin biji salak bisa menjadi jalan keluar bagi anda untuk mengobati gejala yang di sebabkan oleh diare.

2.Mengobati wasir 

Manfaat lainnya adalah biji salak di percaya dapat mengobati wasir secara alami dan aman, tentunya ini akan menjadi solusi yang perlu anda coba untuk mengobati wasir, karena bersifat alami dan juga aman.

3.Memelihara kesehatan mata

Tidak di sangka biji salak yang biasanya banyak di buang oleh orang - orang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa yaitu menjaga kesehatan mata. Biji salak di percaya mampu memelihara kesehatan mata agar mata tetap selalu sehat dan berfungsi normal.


Itulah beberapa penjelasan mengenai biji salak juga khasiat dan cara pengolahannya. Semoga informasi di atas dapat menjadi suatu ulasan yang dapat mengedukasi kita untuk lebih mengenal jenis obat - obatan tradisional yang bisa kita buat sendiri. Dan tidak ada salahnya juga jika kita mencoba mempraktekannya sendiri di rumah, dengan begitu kita akan belajar memanfaatkan sesuatu yang di anggap tidak bernilai menjadi sesuatu yang sangat - sangat bermanfaat dan tidak akan ternilai.

Sekian ulasan tentang  Khasiat Dan Cara Mengolah Biji Salak Menjadi Obat Herbal Alami. Semoga berguna dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top