Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Minyak Nilam Untuk Wajah Jerawat dan Rambut

Manfaat minyak nilam untuk wajah dan rambut. Sebagian orang mungkin sebelumnya sudah pernah mendengar hal ini, atau juga ada dari kita yang sering melakukan perawatan tubuh, khususnya dalam hal kecantikan dengan menggunakan minyak nilam sebagai salah satu cara alami dalam mempercantik diri.

Manfaat Minyak Nilam Untuk Wajah Jerawat dan Rambut
Minyak nilam sendiri berasal atau di peroleh dari penyulingan tanaman nilam. Minyak ini memiliki aroma yang wangi dan khas yang membuatnya banyak di gunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai produk kecantikan atau kosmetik, campuran dalam parfum atau wewangian, pembuatan detergent, sabun dan juga masih banyak lagi produk produk lainnya yang juga menggunakan minyak nilam sebagai salah satu bahan campurannya. Penggunaan minyak nilam dalam bidang industri utamanya dalam pembuatan kosmetik bertujuan untuk menambahkan aroma wangi khas pada suatu produk khususnya parfum, namun selain itu perlu kita ketahui manfaat serta tujuan dari hal tersebut tidak sampai di situ saja. Masih banyak lagi manfaat minyak nilam yang sangat baik serta berkhasiat bagi tubuh dan kecantikan kita.

Satu hal menarik lagi dari minyak atsiri yang satu ini, yaitu minyak nilam adalah salah satu minyak atsiri yang menjadi promadona di Indonesia. Bahkan Indonesia merupakan negara pemasok minyak nilam terbesar di dunia, atau sekitar 70% dari permintaan minyak nilam dunia.

Jadi, ayo langsung saja kita bahas apa saja manfaat baik dari minyak nilam yang katanya, berkhasiat untuk mempercantik diri.

MANFAAT MINYAK NILAM UNTUK WAJAH & RAMBUT

1.Mengobati jerawat

Jika anda memiliki jerawat di wajah dan merasa terganggu dan juga tidak nyaman. Anda bisa mengatasinya secara alami dengan memanfaatkan minyak nilam. Ya, minyak ini memiliki sifat alami anti-inflamasi atau mampu mencegah terjadinya peradangan yang biasa terjadi pada jerawat. Selain itu minyak ini juga bekerja sebagai anti jamur yang mampu mencegah perkembangan mikroorganisme merugikan atau bakteri pada wajah yang berisiko menimbulkan jerawat.

Caranya?

Jika kita kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Maka jawaban dari saya adalah sebagai berikut. Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah memastikan kondisi wajah kita bersih terlebih dahulu, yaitu dengan mencuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit atau bisa juga menggunakan sabun anti jerawat jika di perlukan. Kedua siapkan masker untuk jerawat, caranya campurkan 3-5 tetes minyak nilam bersama dengan 2-3 sendok perasan jeruk nipis atau lemon, kemudian terapkan pada area wajah yang berjerawat dengan di diamkan selama 10-15 menit. Jika kita kesulitan mendapatkan buah lemon atau jeruk nipis kita juga bisa menggunakan minyak nilam secara alami tanpa harus menggunakan bahan lain. Jadi bisa di pastikan jika cara ini praktis dan juga mudah untuk di lakukan sendiri.

Selian itu, masih banyak lagi manfaat minyak nilam untuk kulit salah satunya adalah dapat mengobati iritasi, mengobati bisul, dan juga dapat mengatasi masalah eksem.

2.Mengatasi ketombe dan menyehatkan rambut

Bukan hal yang menyenangkan memiliki ketombe, apa lagi jika masalah tersebut muncul secara bersamaan dengan masalah rambut lainnya seperti rambut rusak dan kurang sehat. Masalah tersebut mungkin bisa kita atasi dengan menggunakan sampho anti ketombe, namun dengan penggunaan yang terlalu sering shampo jenis ini dapat membuat rambut menjadi kering serta kehilangan kelembaban alaminya yang pada akhirnya dapat membuat rambut terlihat kurang sehat. Jadi, cara alami sebenarnya bisa kita lakukan untuk mengatasi kedua masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan minyak nilam.

Caranya?

Mudah aja sih sebenarnya. Pertama cukup siapkan minyak nilam alami dan juga potongan lidah buaya atau buah jeruk nipis. Kita bisa memilih kedua bahan tersebut untuk kita gunakan bisa lidah buaya dengan minyak nilam atau jeruk nipis dengan minyak nilam sesuai selera. Kemudian campurkan minyak nilam dan juga perasan jeruk nipis cukup gunakan 2 buah, kedalam 2 atau 3 gelas air hangat dan juga 2 sendok makan minyak nilam. Aduk merata dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin, kita bisa menggunakan air tersebut untuk keramas dan diamkan pada kepala atau rambut selama kurang lebih 15 menit. Cara ini bisa kita lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Dan untuk menggunakan lidah buaya kita cukup mencampurkan 3 sendok buah lidah buaya yang telah di haluskan dengan bahan yang sama yaitu 3 gelas air hangat dan juga 2 sendok makan minyak nilam.

Manfaat lain dari minyak nilam ini adalah aromanya yang wangi dan juga kuat. sehingga mampu membuat rambut kita menjadi lebih segar dan juga harum. Selain menggunakan cara alami, minyak nilam juga bisa kita jumpai di berbagai macam produk shampo dan juga minyak rambut yang fungsinya sama seperti yang telah di sebutkan di atas yaitu mengatasi ketombe dan juga menyehatkan rambut.

3.Manfaat lain dari minyak nilam

Selain yang telah di sebutkan di atas, manfaat lain yang juga perlu untuk kita ketahui adalah wangi dari minyak nilam. Wangi atau aroma kuat yang berasal dari minyak ini sangat khas dan banyak di gunakan sebagai bahan terhadap tambahan parfum atau jenis wewangian lainnya. Aroma minyak nilam di percaya dapat menenangkan pikiran serta mampu membuat kita yang menggunakannya rileks dan banyak di gunakan untuk pengharum ruangan atau kamar yang tujuanya dapat membantu tidur kita menjadi lebih nyenyat.

Itu dia manfaat baik dari minyak nilam yang berkhasiat untuk merawat kecantikan secara alami. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat baik untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : minyak alami
Back To Top