Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat 5 Masker Alami untuk Hilangkan Jerawat & Komedo (3x Seminggu)

Masker wajah untuk menghilangkan komedo - Bagi kita yang gemar merawat wajah, timbulnya komedo mungkin merupakan masalah yang sangat mengganggu dan perlu untuk di atasi. Untuk caranya sendiri ada banyak cara yang bisa kita lakukan mulai dari perawatan alami bahkan dengan cara cara modern seperti menggunakan skin care atau produk perawatan kulit dan bisa juga dengan jalan pintas melalui perawatan rutin di salon kecantikan.

Namun, bagi kita yang menginginkan solusi alami untuk merawat wajah yang berkomedo. Tentu ada banyak pilihan cara yang bisa kita gunakan, mulai dari scrubing atau eksfoliasi dan juga masker wajah alami.

Manfaat 5 Masker Alami untuk Hilangkan Jerawat & Komedo (3x Seminggu)

Namun, sebelum itu kita akan terlebih dahulu membahas, apa saja penyebab timbulnya komedo dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Timbulnya Komedo

Berikut beberapa faktor alami serta kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan komedo, yaitu :
  • Produksi sebum atau minyak alami wajah yang berlebih (faktor alami).
  • Sel kulit mati yang menumpuk di wajah sehingga menyumbat pori (faktor alami).
  • Iritasi folikel rambut (faktor alami).
  • Kebersihan kulit yang kurang terjaga seperti jarang mencuci muka (kebiasaan buruk).
  • Sering menanggalkan make up atau riasan wajah sebelum tidur (kebiasaan buruk).
  •  Kesalahan menggunakan produk skin care atau produk perawatan kulit.

Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Komedo

Berikut beberapa rutinitas baik yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya komedo di wajah, yaitu :
  • Rajin mencuci wajah, 2-3 kali dalam sehari.
  • Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari (jumlah minimal untuk berat badan normal 45 kg).
  • Rajin berolahraga, tujuannnya agar tubuh bisa berkeringat, pori pori bisa terbuka dan racun dalam kulit bisa di keluarkan bersama keringat (berolahraga teratur sebanyak 2 kali seminggu selama 30 menit).
  • Rutin lakukan eksfoliasi, aktivitas ini bertujuan untuk mengangkat sel sel kulit mati dengan cara scrubing atau menggunakan masker ( masker dan scrub baiknya di lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu).
  • Membersihkan wajah sebelum tidur dan setelah menggunakan make up atai riasan, hal ini bertujuan agar kulit tidak tersumbat dan bisa bernapas kembali.

Tips Produk Perawatan Kulit Untuk Kulit Yang Berkomedo

Untuk merawat wajah yang berkomedo, sebaiknya kita sedikit berhati hati atau lebih teliti lagi dalam memilih serta menggunakan produk skin care yang cocok atau sesuai dengan jenis serta kebutuhan kulit kita. Untuk jenis wajah berkomedo, berminyak, serta berjerawat, berikut beberapa tips baik dalam memilih produk skin care atau perawatan kulit, yaitu :
  • Hindari memilih atau menggunakan produk kosmetik yang mengandung Mineral Oil. Kandungan tersebut biasanya umum terdapat pada produk seperti foundation dan produk pelembab kulit atau moisturizer. Penggunaan kosmetik dengan kandungan bahan tersebut, dapat membuat kulit menjadi tersumbat sehingga berisiko menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo. Namun, jika anda sudah merasa cocok dengan produk tersebut, alangkah baiknya jika penggunaannya sedikit di batasi atau tidak berlebihan.
  • Jangan memilih produk kecantikan yang mengandung minyak. Beberapa jenis produk kecantikan seperti lotion, krim pelembab dan juga produk produk lainnya mengandung minyak yang sangat tidak di sarankan untuk jenis wajah yang mudah berminyak serta berjerawat.
  • Pilih jenis produk skin care yang lebih banyak mengandung air, untuk solusi bagi kita yang ingin menghindari pemakaian produk dengan kandungan minyak sebaiknya memilih jenis produk yang lebih banyak mengandung air seperti contohnya yaitu produk kecantikan berupa gel atau jel.

Apakah Jenis Makanan Yang Kita Konsumsi Berpengaruh Pada Komedo & Jerawat?

Sebaian orang mungkin Iya, dan sebagian Tidak. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengetahui jenis makanan apa saja yang perlu kita hindari untuk jenis kulit yang mudah sekali berminyak, berjerawat dan juga berkomedo.

Salah satu jenis makanan yang harus di hindari yaitu makanan yang tinggi kandungan minyak dan juga lemak. Selain memang berbahaya untuk kesehatan, kedua jenis makanan ini bisa memperparah kondisi wajah yang berjerawat, berkomedo dan juga berminyak. Jadi sebaiknya perlu untuk kita hindari atau membatasi konsumsinya.

5 Masker Alami Untuk Hilangkan Komedo

1. Bubuk Kayu Manis

Menhilangkan komeo dengan bubuk kayu manis merupakan cara alami yang sangat mudah. Kita cukup menyiapkan 1 sendok makan bubuk kayu manis dengan 2-3 sendok perasan lemon atau jeruk nipis. Kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo lalu diamkan hingga kering atau bisa di bawa tidur semalaman. Setelah itu bersihkan kembali wajah dan lakukan kembali secara rutin yaitu 3 kali dalam smeinggu.

2. Masker Jeruk Nipis/Lemon

Kita bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon untuk mengatasi komedo secara alami. Caranya yaitu dengan mengoleskan perasan jeruk nipis pada bagian wajah yang berkomedo dan biarkan hingga kering lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin yaitu 3 kali dalam seminggu. Untuk kulit yang sensitif, sebaiknya hindari untuk menggunakan masker ini.

3. Masker Madu

Solusi bagi kita yang memiliki kulit sensitif yaitu dengan menggunakan bahan lain yaitu madu. Tidak hanya mampu mengaatsi komedo, masker ini juga berfungsi untuk mencerahkan kulit, melembabkan kulit serta mencegah terjadinya peradangan pada kulit seperti akibat jerawat. Cukup sedikan madu murni secukupnya kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 - 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu sebelum tidur.

4. Masker Yoghurt

Bahan yang satu ini sangat terkenal baik dalam merawat kulit secara lembut bahkan untuk kulit yang sensitif. Selain menghilangkan komedo, manfaat lain dari menggunakan masker ini yaitu dapat menjadikan kulit lebih halus dan bening. Caranya cukup siapkan yoghurt secukupnya kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit dan akhirir dengan bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu di malam hari.

5. Masker Garam

Bahan yang satu ini bisa kita jadikan sebagai cara alami merawat wajah, selain dapat mengaatsi komedo, garam juga dapat berfungsi sebagai scrub yang dapat mengangkat sel sel kulit mati. Caranya bisa dengan menggunakan garam untuk scrubing pada daerah wajah yang berkomedo atau menggunakan garam untuk mencuci wajah dengan melarutkan garam pada air yang akan kita gunakan untuk mencuci wajah.

Beberapa Tips Untuk Melakukan Kombinasi Bahan

Selain menggunakannya secara individu, bahan tersebut bisa kita campur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, seperti contoh :

  • Masker madu + jeruk nipis/lemon (2 sdm madu + 1 sdm perasan jeruk nipis/lemon).
  • Masker yoghurt + madu (2 sdm yoghurt + 1 sdm madu).
  • Masker madu + garam (2 sdm madu + 1 sdt garam).
  • Masker kayu manis + perasan jeruk nipis/lemon (1 sdm bubuk kayu manis + 3 sdm perasan jeruk nipis/lemon).

Itu dia informasi kita kali ini yaitu tentang manfaat dari 5 masker alami untuk wajah berjerawat dan komedo. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat baik bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Back To Top