Informasi Menarik Sehat & Cantik

7 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah Cantik Alami dalam 15 Menit

Manfaat masker kunyit untuk wajah - Pernah mendengar masker kunyit? Ya, masker kunyit adalah perawatan wajah alami yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Penggunaan masker wajah dari kunyit secara alami mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, menghilangkan jerawat, menyamarkan noda hitam, menghambat pigmentasi, menghaluskan serta melembabkan kulit dan bersifat sebagai anti aging yang dapat melawan proses terjadinya penuaan.

7 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah Cantik Alami dalam 15 Menit

Caranya pun terbilang sangat mudah dan dapat kita lakukan sendiri di rumah. Jadi, untuk memperjelas dari informasi yang telah di sampaikan di atas. Berikut akan saya uraikan beberapa manfaat masker kunyit untuk wajah, sekaligus cara membuatnya.

Cara Membuat Masker Kunyit

Kita akan membahas mengenai cara membuat masker kunyit terlebih dahulu. Di sini ada tiga macam masker kunyit alami yang akan di rekomendasikan, apa saja?

1. Masker kunyit & jeruk nipis/lemon

Masker ini cocok di gunakan untuk jenis kulit yang mudah sekali berminyak, menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit wajah, serta mengatasi jerawat dan komedo. Namun, masker ini tidak di sarankan untuk jenis kulit yang sensitif.

Bahan - bahannya yaitu 2 sendok makan kunyit bubuk, dengan perasan jeruk nipis/lemon (secukupnya).

Campurkan kedua bahan hingga tercamour rata membentuk adonan lembut seperti pasta atau layaknya tekstur untu masker. Kemudian oleskan pada wajah yang sebelumnya telah di bersihkan. Diamkan masker pada wajah selama 15 menit, terakhir bilas kembali wajah hingga bersih.

2. Masker kunyit & madu

Masker yang satu ini cocok untuk kulit yang kering dan kusam, fungsinya tidak lain yaitu untuk melembabkan kulit secara alami, mencerahkan kulit, merawat kulit kasar agar tampak halus dan lembut dan cocok untuk kulit yang mudah sensitif.

Bahan - bahannya yaitu 2 sendok makan kunyit bubuk dengan madu secukupnya.

Campurkan semua bahan lalu aduk hingga rata dan membentuk adonan seperti pasta. Lanjut dengan membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan secara merata masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir bersihkan kembali wajah dan segera keringkan dengan handuk.

3. Masker kunyit dan yoghurt

Masker yang satu ini cocok untuk jenis kulit yang mudah sensitif. Fungsinya yaitu untuk mencerahkan kulit, mencegah serta mengatasi jerawat, mengecilkan pori - pori kulit, mengencangkan wajah dan membuat wajah menjadi lebih bening bercaya.

Bahan - bahannya yaitu 2 sondok makan kunyit bubk dengan 2 atau 3 sendok makan yoghurt (secukupnya).

Campurkan kedua bahan hingga rata dan membentuk adonan masker menyerupai pasta. Setelah itu, lanjut dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dan setelahnya oleskan masker secara merata pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. Terakhir bersihkan wajah dengan mencuci wajah kembali dan segera keringkan dengan lembut menggunakan handuk.

TIPS :
  • Untuk mendapatkan hasil yang baik lakukan perawatan wajah secara rutin dan teratur, gunakan masker tersebut setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu.
  • Sebelum menggunakan masker, pastikan wajah telah dalam keadaan bersih, tujuannya yaitu agar kulit tidak tersumbat oleh kotoran seperti debu dan juga sisa make up, sehingga akan lebih baik untuk menyerap nutrisi dari masker.
  • Waktu terbaik menggunakan masker yaitu di malam hari sebelum tidur, karena pada jam tersebut, kulit akan di istirahatkan pada saat tidur dan juga kemampuan kulit dalam menyerap nutrisi menjadi lebih meningkat atau lebih baik.
  • Penggunaan masker tidak lebih dari 15 menit, kenapa? kerana masker kunyit memiliki zat warna kuning yang sulit di hilangkan sehingga penggunaan masker yang terlalu lama berisiko warna kunyit akan menempel kuat di kulit dan sulit di hilangkan.

Manfaat Masker Kunyit Untuk Wajah

1. Mencerahkan kulit dan mencegah pigmentasi

Penggunaan masker kunyit secara teratur mampu mencerahkan warna kulit yang kusam. Selain itu masker alami dari kunyit juga mampu mencegah pigmentasi atau proses penggelapan pada kulit akibat dari sinar matahari dan juga produksi melanin berelebih pada kulit. Sehingga hasilnya kulit akan lebih cerah dan sehat.

2. Mencegah jerawat dan komedo

Masker kunyit alami juga baik untuk wajah yang berjerawat. Penggunaan yang di lakukan secara tertaur mampu membuat kulit menjadi lebih bersih serta bebas jerawat. Untuk perawatan wajah berjerawat serta berkomedo, ketiga masker di atas sangat cocok dan bisa di gunakan untuk menagatsi masalah kulit tersebut.

3. Melembabkan kulit

Masker kunyit juga baik untuk merawat kulit kita yang kering dan juga kusam. Selain dapat mencerahkan kulit, pemakaian masker kunyit secara rutin dapat menjaga kelembaban alami kulit. Sehingga kulit akan terasa lembab dan bebas dari kasar dan kering.

4. Mengontrol minyak di wajah

Masker kunyitmerupakan solusi alami yang baik untuk wajah dalam mencegah kulit berminya. Secara alami kunyit dapat mengontrol produksi sebum di wajah, sehingga akan meminimalkan produksi minyak di kulit yang juga merupakan faktor dari timbulnya jerawat. Hasilnya, kulit akan lebih bebas minyak dan juga terhindar dari jerawat.

5. Mengecilkan pori pori kulit

Pori pori kulit yang besar merupakan salah satu tanda kulit yang kasar, dan juga penyebab dari timbulnya komedo di wajah. Hal tersebut bisa kita atasi dengan menggunakan masker kunyit yang kita lakukan secara rutin dan teratur. Hasilnya wajah akan terlihat lebih halus, pori pori tersamarkan sehingga kulit akan lebih sehat dan serah bersinar.

6. Meredam efek buruk sinar matahari

Penggunaan masker kunyit sebanyak 2 kali dalam seminggu dapat mengatasi berbagai efek buruk dari sinar matahari. Masker kunyit dapat secara alami membantu kulit dalam menghalasng pengarus sinar matahari terhadap kulit. Sehingga wajah akan terus sehat dan terlindungi.

7. Menghambat penuaan dini

Masker kunyit juga termasuk ke dalam perawatan alami yang dapat berfungsi sebagai anti aging. Penggunaan secara rutin dapat merawat kulit dengan baik seperti mengencangkan kulit, mencegah efek buruk sinar matahari, mencegah pigmentasi dan juga menjadikan kulit menjadi lebih segar dan lembut.

Itu dia apa saja manfaat dari masker kunyit untuk wajah, berserta dengan tips dan cara membuatnya. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan juga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : kecantikan
Back To Top