Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Protein Bagi Tubuh Untuk Kesehatan & Mencegah Penyakit Kwasiorkor

Manfaat Protein bagi tubuh tentu tidak bisa di pandang sebelah mata dan juga di anggap remeh. Mungkin sebagian orang bisa sadar akan kebutuhan protein bagi tubuhnya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang, masih banyak dari kita yang hanya sekedar makan untuk memuaskan rasa lapar. Namun jika ini di luruskan makan bukanlah hal yang semata hanya untuk memuaskan rasa lapar, namun juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi oleh tubuh demi berlangsungnya metabolisme dalam tubuh yang fungsinya akan menjaga fungsi anggota anggota tubuh agar tetap sehat dan berfungsi normal. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai nutrisi penting tubuh manusia yaitu protein. Berikut informasi lengkapnya.



Manfaat Protein Bagi Tubuh Untuk Kesehatan & Mencegah Penyakit Kwasiorkor

Protein merupakan nutrisi penting yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan tubuh dan proses kekebalan oleh tubuh. Bahkan oleh sebagian ahli gizi mengungkapkan jika protein sangat di butuhkan oleh tubuh terutama untuk pertumbuhan serta sel sel otot, perkembangan otak, dan masih banyak lagi lainnya.


Sumber Protein Yang Baik Bagi Tubuh

Jika anda bertanya apa saja makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh. Berikut telah kami siapkan beberapa daftar jenis bahan amakan yang bisa di jadikan sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh kita.

1.Daging

Daging yang di maksud bisa segala macam jenis daging contoh gampang seperti daging sapi, kambing, domba, dan juga ayam. Namun untuk memilih daging ayam akan sangat di sarankan untuk mengkonsumsi hanya bagian dadanya saja, karena bagian dari ayam seperti pada paha dan juga kulit merupakan salah satu bagian yang banyak mengandung lemak dan juga kolesterol.

2.Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan laut yang banyak mengandung protein tinggi. Pada beberapa jenis ikan seperti ikan tuna dan juga salmon memiliki kandungan omega-3 yang sangat cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3.Susu

Susu sudah bnyak di kenal karena kandungan kalsiumnya yang baik bagi tubuh dan pembentukan tulang. Namun selain itu kandungan protei pada susu juga sangat bagus untuk memenuhi kebeutuhan protein tubuh. Selain itu masih banyak olahan susu yang juga dapat kita jadikan sebagai sumber protein seperti salah satunya yaitu yoghurt, keju dan lainnya.

4.Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat baik bagi tubuh, jika di bandingkan dengan sumber protein lainnya kandungan protein pada telur di nilai lebih mudah di serap oleh tubuh di bandingkan dengan jenis protein yang bersumber dari bahan makanan lainnya.

5.Kedelai dan jenis polong polongan

Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang ternyata kaya akan kandungan protein. Jenis amakan ini berasal dari kacang kedelai yang di proses melalui cara fermentasi. Selai tempe masih banyak lagi jenis polong polongan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh.

6.Ikan teri

Jika anda tertawa mendengar nama ikan teri, mungkin setelah ini anda akan sedikit tercengang dan mengatakan wow, untuk makanan ini. Ya, wow... ikan teri memiliki kandungan protein yang tinggi walaupun sebenarnya ukurannya kecil. Selain itu ikan ini juga kaya akan kandungan berupa kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang kita.

Itu dia beberapa jenis amakan yang bisa kita jadikan sebagai menu harian untuk memenuhi asupan gizi kita khususnya kebutuhan protein oleh tubuh.


Akibat Kekurangan Protein

Ada beberapa hal yang dapat berakibat pada tubuh jika tubuh tidak mendapatkan asupan protein yang cukup. Berikut bebrapa akibat yang di timbulkan.
  1. Penyakit kwasiorkor (penyakit kekurangan protein).
  2. Gangguan pertumbuhan.
  3. Menyebabkan marasmus.
  4. Kerontokan rambut.
  5. dll.

Manfaat Protein Bagi Tubuh

Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan memenuhi asupan protein untuk tubuh. Dan keuntungan tersebut bisa kita lihat di bawah ini.

1.Menghindarkan kita dari penyakit kwasiorkor

Kwasiorkor merupakan penyakit yang terjadi akibat kurangnya asupan protein bagi tubuh. Penyakit ini dapat di lihat dari beberapa tanda yang di timbulkan seperti busung lapar, terjadinya gangguan pada pertumbuhan pada seseorang dan lain lain.

2.Mencegah kerontokan rambut

Rambut merupakan bagian dari tubuh yang komponen penyususnya terdiri atas 97-100% protein dan juga keratin. Dan salah satu dampak yang di sebabkan oleh kurangnya asupan berupa protei terhadap tubuh yaitu dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

3.Pembentukan dan perbaikan sel jaringan

Protein merupakan nutrisi yang dapat mendukung proses pembentukan serta perbaikan sel jaringan oleh tubuh. Protein sangat berguna bagi tubuh dalam membentuk sel sel otot serta jaringan tubuh lainnya yang fungsinya tidak kalah penting dengan sel sel seperti sel otot.

4.Sebagai sintetis hormon, enzim, dan antibodi

Kebutuhan protein sangat besar bagi tubuh. Protein di butuhkan untuk memproduksi hormon serta berbagai enzim yang berguna untuk kelancaran metabolisme tubuh. Selain itu protei juga berperan penting sebagai antibodi dalam meningkatkan kekbalan tubuh yang menjaga tubuh dari berbagai bahaya penyakit yang bisa menyerang kapanpun.

5.Sumber energi

Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam melancarkan proses metabolisme, protein juga berfungsi sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Hal ini akan sangat cocok bagi seseorang yang dalam masa diet dan juga pembentukan otot.

6.Meningkatkan kesehatan jantung

Protein dapat melindungi jantung dengan menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus melindungi jantung dari kolesterol jahat yang dapat menyebabkan risiko penyakit jantung.

7.Baik untuk janin dan ibu hamil

Asupan protein yang cukup pada ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kondisi janin. Kebutuhan protein akan ibu yang mengandung dapat meningkatkan proses pertumbuhan janin semasa di dalam kandungan.

8.Meningkatkan proses metabolisme tubuh

Protein dapat meningkatkan proses metabolisme oleh tubuh. Di mana pada proses ini akan bermanfaat pada kelangsungan seluruh anggota tubuh yang meliputi banyak hal seperti proses pencernaan hingga penyaluran sari makanan oleh darah. Hal tersebut adalah bentuk dari metabolisme tubuh yang akan bekerja secara baik jika asupan protein tubuh dapat terpenuhi dengan baik.


Itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat dari protein bagi tubuh kita. Tidak ada salahnya kita makan enak. Namun di samping itu harus di perhatikan juga manfaat serta kandungan nutrisi dari suatu makan yang kita makan. Terlebih lebih jeniz amakan yang kita konsumsi cenderung monoton atau tidak pernah berganti menu, bisa karena alasan suka, makanan favorit dan sebagainya. Tentu hal tersebut tidak di benarkan, akan di perbolehkan jika itu berupa makanan sehat yang nutrisinya lengkap. Jadi bagi kita harus lebih jeli dalam menentukan jenis makanan yang akan kita konsumsi yang semata mata hanya untuk kenyamana kita sendiri dan kesehatan kita sendiri.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Protein Bagi Tubuh Untuk Kesehatan & Mencegah Penyakit Kwasiorkor. Semoga berguna dan selamat mencoba..!
Tag : nutrisi
Back To Top