Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Dewa Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Daun Dewa sudah sangat populer dan banyak di kenal oleh hampir semua kalangan masayarakat yang gemar dengan pengobatan herbal alami atau cara tradisional. Oleh masyarakat tanaman ini banyak di gunakan sebagai obat alternatif yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kronis atau gejala gejala yang bersifat ringan. Tentunya jika kita mendengar hal tersebut akan membuat kita penasaran apa saja kiranya manfaat dari daun dewa untuk kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya..!

Deskripsi Tanaman Daun Dewa!

Duan Dewa (Gynura divaricata L.) merupakan tanaman herbal yang juga di sebut dengan samsit oleh masyarakat Cina. Daun dewa merupakan tanaman tegak dengan batang daun berbentuk segi lima, daunya berwarna hijau keunguan dan meiliki bunga majemuk di ujung batang dengan warna hijau dan warna kuning pada benang sarinya yang berbentuk seperti jarum.


Manfaat Daun Dewa Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Daun dewa juga memiliki umbi yang dapat di panen setelah berumur 6-8 bulan sedangkan pada daunya dapat di panen setelah memiliki bentuk penampang daun yang lebar berwarna hijau tua dan berbentuk sempurna.

Kandungan Pada Tanaman Daun Dewa

Daun dewa memiliki banyak senyawa penting yang terkandung di dalamnya, di dalam dunia pengobatan senyawa ini meiliki banyak manfaat serta khasiat yang dapat mengatasi berbagai macam gejala penyakit. Apa saja zat senyawa penting yang terkandung dalam tanamn daun dewa, berikut uraian:
  • flavonoid
  • zat saponin
  • antosianin
  • tanin
  • polifenol
  • alkaloid
  • triterpenoid
  • vanilat
  • sterol
  • vitamin K
  • asam klorogenat
  • asam p-kumarat
  • asam p-hidroksi benzoate
  • minyak atsiri
  • klorofil

Efek Farmakologis Dari Daun Dewa

Daun dewa di kenal sebagai tanamn yang kaya manfaat dan berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Lalu apa saja efek farmakologis yang dapat di peroleh dari penggunaan daun dewa, berikut uraiannya:
  • Analgesik : meredakan rasa nyeri.
  • Anti-inflamasi : mencegah peradangan (anti radang).
  • Diuretik : dapat meluruhkan kemih atau air kencing.
  • Antitoksin : menetralisir racun dalam tubuh.
  • Anti-hipertensi : dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Antipiretik : menurunkan panas.
  • dll.

Manfaat Utama Daun Dewa Untuk Kesehatan

1.Meredakan rasa nyeri

Daun dewa merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi sekaligus meredakan rasa nyeri yang terjadi pada organ tubuh (analgesik).

2.Sebagai anti radang

Daun dewa juga memiliki senyawa senyawa penting yang tentunya sangat penting dan berkhasiat bagi tubuh, salah satu khasiatnya adalah sebagai anti radang (anti-inflamasi) yang dapat mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan, selain itu sifat anti-inflamasi dari daun dewa juga berguna dalam menyembuhkan luka memar atau pembengkakkan pada tubuh.

3.Meluruhkan kemih

Memiliki masalah pada saluran kemih seperti sulit saat baung air kecil. Hal tersebut dapat di atasi oleh tumbuhan yang satu ini yaitu daun dewa. Tanaman ini memiliki sifat sebagai diuretik yang berfungsi untuk meluruhkan air kencing dan mampu mengatasi masalah buang air kecil yang tidak lancar.

4.Menetralisir racun

Selain beberapa manfaat yang telah di sebutkan di atas daun dewa juga meiliki sifat sebagai antitoksin yang dapat berfungsi sebagai penetralisir racun dalam tubuh.

5.Mencegah hipertensi

Manfaat lain dari tanamn ini yaitu dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau yang juga di kenal dengan gejala hipertensi.

6.Menurunkan demam

Manfaat penting lainnya dari tanamn daun dewa adalah sebagai antipiretik yang bersifat sebagai penurun panas alami pada saat demam. Sifat analgesik pada daun dewa juga dapat meringankan rasa nyeri yang timbul pada saat demam.

7.Mengobati diabetes mellitus

Daun dewa juga di kenal sebagai herbal yang dapat mengatasi penyakit kronis seperti diabetes mellitus atau kencing manis.

8.Melancarkan peredaran darah

Daun dewa juga dapat memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam darah dan penyumbatan pada saluran darah.

9.Menghentikan pendarahan

Memiliki khasiat yang berfungsi dalam menghentikan terjadnya pendarahan oleh tubuh seperti halnya mimisan atau jenis pendarahan lainnya.

Cara Pengolahan Daun Dewa

Pengobatan menggunakan daun dewa bisa di lakukan dengan dua cara yaitu bisa dengan cara pengunaan langsung dengan memanfaatkan daun dewa yang masih segar atau juga dengan cara ekstraksi yang di lakukan dengan pengeringan daun dewa lalu di haluskan menjadi serbuk. Untuk lebih lengkapnya berikut sedikit penjelasaan mengenai tata cara mengolah daun dewa sebagai obat.

1.Mengobati hipertensi

Gunakan daun dewa yang masih segar dan sudah siap panen sebanyak 7 lembar, rebus daun menggunakan air sebanyak 3 gelas dan biarkan hingga menyusut menjadi 2 gelas. Gunakan ramuan tersebut dengan cara meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk hasil yang lebih baik lagi daun dewa juga bisa kita konsumsi dengan cara di jadikan lalapan.

2.Mengobati luka memar

Gunakan daun dewa beserta umbinya kurang lebih sebanyak 20gr dan juga daun jarak sebanyak 10 lembar. Kemudian haluskan ketiga bahan tersebut dan hasilnya langsung di tapalkan pada daerah yang sakit atau luka memar.

3.Menghilangkan noda hitam pada kulit

Untuk menghilangkan tampilan noda hitam pada kulit seperti noda hitam pada wajah bisa dengan cara menggunakan getah dari daun dewa yang di oleskan pada noda hitam di kulit atau wajah. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai noda hitam memudar dan menghilang.

4.Mengobati diabetes

Cara untuk mengobati diabetes atau penyakit dalam lainnya bisa di lakukan dengan meminum seduhan daun dewa yang sudah di keringkan. Dan minum ramuan tersebut secara rutin guna memperoleh hasil yang baik dan efektif.

5.Mengobati kutil

Cara mudah mengobati kutil menggunakan daun dewa yaitu menggunakan daun dewa yang masih segar kemudian potong potong lalu tempelkan pada kutil dan ikat mengunakan kain atau plaster.

Itulah beberapa manfaat dari daun dewa dalam dunia pengobatan beserta cara pengolahanya. Semoga ulasan tersebut dapat berguna serta bermanfaat baik bagi kita semua khususnya dalam mengatasi berbagai macam masalah atau penyakit dengan menggunakan bahan alami yang salah satunya adalah tanaman daun dewa.

Sekian untuk pembahasan kali ini yang mengulas tentang Manfaat Daun Dewa Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit. Semoga berguna dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top