Informasi Menarik Sehat & Cantik

5 Manfaat Biji Asam Jawa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Biji Asam Jawa mungkin masih belum banyak di dengar atau di ketahui oleh sebagian masyarakat, dan banyak di manfaatkan dagingnya saja yang biasanya digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak makanan khas Indonesia yang berguna sebagai penambah rasa asam. Salah satu contohnya seperti sayur asam dan kuah untuk empek - empek. Selain itu asam jawa juga sering di manfaatkan sebagai campuran bahan dalam pembuatan jamu tradisional seperti jamu gendong.

Manfaat Biji Asam Jawa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Asam jawa juga sering di sebut dengan sebutan kurma india karena bentuk dagingnya yang menyerupai buah kurma, di india pohon asam menjadi salah satu tanaman yang tumbuh dengan produktif dan memberikan banyak manfaat meskipun sebenarnya merupakan tanaman asli dari benua Afrika dan sudah banyak menyebar di seluruh Asia tropis termasuk Indonesia.

5 Manfaat Biji Asam Jawa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Meskipun asam jawa sudah di kenal di mana - mana begitupun dengan manfaatnya namun masih sedikit orang yang mengetahui apa saja manfaat dari biji buah ini.Jika anda penasaran dan ingin mengetahuinya berikut ulasan dari kami mengenai beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari biji buah asam lengkap dengan cara mengolahnya.

Manfaat Biji Asam Jawa
1.Mengatasi bengkak

Pada kulit yang di sebabkan oleh gigitan serangga atau sengatan lebah dan hewan lainnya. Caranya pun mudah, haluskan beberapa biji dari buah asam yang sudah kering hingga menjadi bubuk, setelah itu bersihkan luka menggunakan minyak kayu putih dan taburkan bubuk yang telah di tumbuk barusan pada luka tersebut.

2.Mengatasi rambut rontok

Hal yang menyebalkan jika rambut kita rontok dan berkurang dan akan sangat mengganggu pada penampilan kita baik perempuan atau pun laki - laki. Namun hal ini bisa kita cegah dengan biji dari buah asam, caranya gunakan biji asam yang masih segar lalu tumbuk hingga halus, hasil dari tumbukan tersebut dapat kita gunakan untuk pijat pada kepala kita yang akan berfungsi untuk mengurangi rambut rontok secara alami.

3.Mengobati luka atau borok yang menahun

Caranya adalah haluskan biji asam jawa sampai menjadi bubuk, kemudian campurkan bubuk itu dengan sedikit air hingga membentuk seperti krim atau pasta dan di lanjutkan dengan membalurkan pasta tersebut pada luka atau borok.

4.Mengobati disentri dan diare

Bubuk dari biji asam yang telah di haluskan juga bermanfaat untuk mengatasi disentri dan diare dengan cara meminum larutan bubuk dengan cara di seduh menggunakan air hangat.

5.Mengatasi gigitan ular berbisa

Yaitu dengan cara membelah biji asam yang masih basah menjadi dua bagian dan kemudian tempelkan biji tersebut pada luka bekas gigitan ular.


Selain itu di Indonesia khususnya jawa biji dari buah asam di manfaatkan oleh anak - anak untuk memainkan congklak atau dakon. Gimana sudah taukan, apa saja manfaat yang bisa di hasilkan dari biji asam, yang biasanya oleh masyarakat banyak di buang dengan percuma tanpa mengetahui khasiat yang terkandung di dalamnya.

Demikian ulasan kali ini yang membahas tentang Manfaat Biji Asam Jawa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Dan semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membuat kita untuk berpikir lagi untuk lebih memilih mebuang atau memangfaatkan biji dari buah asam yang sejatinya dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh kita. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top